Atasi Rasa Takut Pada Pernikahan

0

Pernikahan memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dalam hidup ini, namun tidak sedikit orang yang justru merasa takut untuk menikah. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang takut pada pernikahan hingga akhirnya memilih untuk tetap single. Salah satu alasannya adalah takut kehilangan kebebasan mereka. Nah, bagaimana untuk mengatasi rasa takut pada pernikahan?

  • Ketahui Apa yang Menjadi Ketakutan Anda

Sebagian besar orang takut menikah karena mereka tidak berani menghadapi atau menjalani kehidupan setelah pernikahan berlangsung. Mereka juga tidak siap untuk menghadapi potendi adanya kegagalan dalam pernikahan.

  • Pahami dan Hadapi Ketakutan Anda

Setelah Anda mengetahu penyebabnya,  misalnya trauma karena melihat pernikahan orangtua yang tidak harmonis, Anda perlu memahami bahwa setiap pernikahan itu berbeda. Bukan berarti Anda memiliki orangtua yang kehidupan pernikahannya tidak harmonis, kehidupan pernikahan Anda kelak juga akan seperti itu.

Pahamilah dan berpikirlah positif dengan memikirkan apa yang harus Anda lakukan agar hal seperti itu tidak terjadi. Selain itu membicarakan dengan pasangan juga bisa mengatasi ketakutan Anda. Membicarakan ketakutan Anda bukan berarti Anda lemah, namun komunikasi tersebut justru akan  membuat hubungan Anda dan pasangan semakin kuat.

  • Yakinlah, Dia yang Terbaik

Yakinlah bahwa dia adalah orang yang paling tepat menjadi pendamping hidup Anda. Percayalah bahwa dia adalah orang yang akan membuat hidup Anda lebih bahagia.

  • Pernikahan Tidak Selamanya Berjalan Sempurna

Sadari bahwa Anda dan Dia bukanlah orang yang sempurna. Jangan terus menunggu orang yang Anda anggap bisa membuat hidup Anda bahagia terus sepanjang hari, karena itu hanya ada dalam mimpi saja. Jangan terlalu banyak ekspetasi, karena jika apa yang Anda harapkan ternyata tidak terwujud, Anda akan merasa sedih. Pernikahan butuh kerja keras antara dua orang yang ada di dalamnya,hadapi semua cobaan yang akan terjadi bersama pasangan Anda.

  • Bicarakan dengan Pasangan

Ajaklah dia untuk duduk bersama dan mendiskusikan bagaimana masa depan Anda dan dia nantinya setelah menikah. Bicarakan mulai dari hal yang ringan, seperti berapa anak yang ingin kalian miliki, bagaimana mengatur keuangan, dimana kalian akan tinggal dan berbagai hal lain yang Anda rasa perlu Anda diskusikan.

Dari diskusi tersebut Anda bisa memiliki bayangan seperti apa pernikahan Anda nantinya, Anda bisa tahu bagaimana si dia dalam memahami dan memecahkan persoalan yang mungkin terjadi dalam pernikahan Anda kelak. Perbedaan pemahaman bukan berarti Anda tidak bisa menikah dengannya, namun bicarakan bersama bagaimana jalan keluar untuk mengatasi perbedaaan pandangan tersebut.

  • Mengobrol dengan Teman

Mengobrol dengan teman yang memiliki pernikahan bahagia, akan membantu Anda mengatasai rasa ketakutan Anda terhadap pernikahan. Dengarkan bagaiman mereka mengatasi konflik dengan pasangannya dan apa saja hal membahagiakan yang didapat dalam kehidupan pernikahan.

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply