Dewi Sayempraba

0

Dewi Sayempraba adalah salah satu tokoh yang muncul dalam wiracarita Ramayana. Ia adalah puteri prabu Wisakarma, raja raksasa Negara Kotawindu dengan Dewi Merusupami. Dewi Sayempraba memiliki wajah yang cantik, sikapnya halus dan sopan tetapi hatinya kejam dan suka mencelakakan orang lain.

Setelah istana Kotawindu dihancurkan oleh Bathara Indra dan kedua orangtuanya meninggal, Dewi Sayempraba tetap tinggal di berkas reruntuhan istana yang dikenal dengan Goawindu.

Dewi Sayempraba sakti dan memiliki kemampuan beralih rupa menjadi apa saja yang ia inginkan. Ia juga ahli dalam aklam racun. Ia menjadi orang kepercayaan Prabu Dasamuka, raja Negara Alengka. Saat Anoman dan para wanara  Goa Kiskenda hendak menuju Alengka, mereka tersesat masuk ke kawasan Gowawindu.

Dengan kemampuan mantra racunnya, Dewi Sayempraba membuat buta mata Anoman dan para wanara yang lain. Namun dengan bantuan Garuda Sempati, akhirnya kebutaan Anoman dan para wanara pasukan Goakiskenda dapat disembuhkan.

Setelah perang Alengka berakhir, Dewi Sayempraba diperistri oleh Anoman yang gagal memperistri Dewi Trijata.

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply