Dewi Setyaboma

0

Dewi Setyaboma adalah isteri dari Prabu Kresna, raja negara Dwarawati. Ia puteri sulung Prabu Setyajid/Arya Ugrasena, raja negara Lesanpura dengan Dewi Wersini. Ia berwatak setia, jujur, jatmika dan sangat berbakti terhadap suaminya.

Setyaboma memiliki adik kandung yang bernama Arya Setyaki, setelah dewasa menjadi Senapati perang negara Dwarawati.Ia  juga memiliki saudara lain ibu yang bernama Arya Pragota dan Arya Adimanggala, putera Prabu Setyajid dengan Ken Sagupi, swarawati keraton Mandura.

Dewi Setyaboma menikah dengan Narayana/Kresna, yang sebenarnya adalah saudara sepupunya sendiri, putera Prabu Basudewa, raja negara Mandura dengan Dewi Mahendra.

Setelah Narayana berhasil merebut negara Dwarawati dari Prabu Narasinga, kemudian naik takhta dan bergelar Prabu Bathara Kresna. Dewi Setyaboma diangkat menjadi permaisuri. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang putera bernama Arya Satyaka.

Setelah Prabu Kresna mati moksa bersama istri Prabu Kresna yang lain, yaitu Dewi Rukmini, Dewi Setyaboma terjun ke dalam Pancaka (api pembakaran jenazah) bela pati menyusul suaminya kembali ke Nirwana.

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply