Hantaran Pernikahan (Seserahan)

0

Seserahan atau hantaran sudah menjadi suatu bagian yang penting dan umum dalam budaya pernikahan di Indonesia. Seserahan merupakan simbolik dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak keluarga dan orangtua calon pengantin perempuan. Menurut adat pernikahan di Jawa, seserahan diberikan saat malam sebelum akad nikah, yaitu pada acara midodareni. Sedangkan untuk adat sunda pada acara ngeyeuk seureuh. Tetapi ada juga yang melakukan seserahan pada saat acara pernikahan.

Jumlah dan jenis hantaran disesuaikan atas kesepakatan bersama. Namun kalau untuk jumlah biasanya ganjil yaitu 5/7/9. Untuk saat ini, tidak jarang pengantin wanita yang memilih sendiri barang-barang kebutuhannya untuk seserahan. Barang-barang yang lazimnya menjadi barang seserahan adalah :

  1. Suruh ayu (semacam daun yang wangi), yang bermakna mendoakan keselamatan
  2. Pakaian : Kebaya & Kain/ Baju Kerja/ Baju Pesta
  3. Alat-alat perawatan tubuh : Sabun, Shampo, Body Lotion, Bedak Badan, dll.
  4. Make Up : Pelembab, Bedak dasar, Bedak, Eye Shadow, Maskara, Blush On, Pensil Alis, dll
  5. Parfum
  6. Sepatu/selop
  7. Tas
  8. Pakaian dalam & baju tidur
  9. Perhiasan/jam tangan
  10. Makanan : Buah, Kue Taart, Kue Kering, Masakan Matang

Barang-barang hantaran tidak harus sama pada perangkat di atas, tetapi disesuaikan dengan kesepakatan antara Anda dan pasangan. Pada intinya hantaran pernikahan berisi barang-barang kebutuhan perempuan sebagai symbol tanggungjawab pengantin pria dengan pengantin wanita.

Hantaran pernikahan akan lebih cantik dan menarik bila dikemas lebih kreatif. Nah coba tips berikut ini agar hantaran pernikahan Anda terlihat lebih cantik dan menarik.

  1. Kunjungi berbagai toko kerajinan, toko bunga sampai vendor alat kerajinan untuk mendapat barang dan pembungkus hantaran yang lebih beragam.
  2. Berikan warna pada pembungkus hantaran sehingga menimbulkan kesan yang berbeda dengan pembungkus yang lain. Selain itu mengkombinasikan dua bahan yang sangat berbeda bisa lebih mempercantik tampilan hantaran Anda. Misalnya, potongan renda di tas kertas bermotif bunga.
  3. Jangan mengemas semua barang seserahan dalam boks biasa. Coba kemas barang hantaran Anda dalam keranjang yang dihias dengan tambahan bunga segar di atasnya.
  4. Jika kotak seserahan terbuat dari bahan bambu atau kayu maka hiaslah bagian atasnya dengan plastik yang tembus pandang sehingga barang seserahan dapat langsung terlihat.
  5. Untuk seserahan buah-buahan, kemaslah buah-buahan langsung dari penjualnya. Namun jika Anda ngin mengemasnya sendiri, pastikan membuat alas dulu di dasar boks. Susunlah buah yang berukuran besar terlebih dahulu baru kemudian buah berukuran kecil.
Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply