Kencakarupa

0

Kencakarupa adalah saudara kembar Rupakenca. Keduanya adalah putera angkat Prabu Palasara dengan Dewi Durgandini. Keduanya terjadi dari katir perahu Dewi Durgandini, puteri Prabu Matswapati dari Negara Wirata. Rupakenca terjadi bersamaan dengan saudaranya yang lain, yaitu Rajamala, Setatama, Gendewana dan Dewi Rekatawati.

Kencakarupa juga memiliki tiga saudara angkat lainnya yaitu, Begawan Abiyasa, putera Begawan Abiyasa dengan Dewi Durgandini, Citranggada dan Wicitrawirya yang merupakan putera Dewi Durgandini dengan Prabu Santanu.

Kencakarupa merupakan ksatria andalan Wirata. Namun ia memiliki watak keras hati, penghianat, ingin menangnya sendiri, berani, sombong dan selalu menuruti kata hatinya sendiri. Ia sangat mahir dalam mempergunakan senjta gada dan tombak, dan ia tewas dalam peperangan melawan Jagal Abilawa/Bimasena.

 

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply