Merawat Kebaya Pengantin

0

Kebaya adalah salah satu busana yang sering dan mungkin wajib dikenakan oleh pengantin Jawa. Untuk merawat busana yang satu ini memang diperlukan ketelitian dan penanganan yang berbeda. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk perawatan kebaya agar lebih awet dan tetap indah.

 

  • Saat mencuci kebaya, hindari mencuci dengan mesin cuci dan menguceknya agar tidak merusak payet dan serat kainnya. Cukup rendam kebaya dengan deterjen yang tidak mengandung pemutih selama 10 menit, kemudian bilas sampai bersih dan jangan diperas.
  • Jika kebaya Anda terkena noda, untuk menghilangkannya cukup gunakan air jeruk nipis tepat di bagian yang tekena noda, diamkan hingga meresap, kemudian rendam bagian kebaya yang terkena noda dengan deterjen secukupnya beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.
  • Saat menjemurnya, jangan dijemur di bawah terik matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja.
  • Kebaya yang terlalu lama disimpan akan rentan terhadap negngat dan jamur. Untuk itu, keluarkan koleksi kebaya Anda kemudian angin-anginkan. Jangan lupa juga menaruh kapur barus atau kamper di lemari penyimpanan kebaya Anda.
Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply