Pergiwa dan Pergiwati

0

Pergiwa dan Pergiwati adalah puteriĀ  Raden Arjuna dengan Dewi Manuhara, putera Begawan Sidik Wacana dari pertapaan Andong Sumiwi. Keduanya memiliki 12 saudara lan ibu yaitu; Abimanyu, Sumitra, Bratalaras, Bambang Irawan, Kumaladewa, Kumalasakti, Wilugangga, Prabakusuma, Wijanarka, Antakadewa dan Bambang Sumbadra.


Sejak kecil Pergiwa dan Pergiwati tinggal di pertapaan Andong Sumiwi bersama ibu dan kakeknya. Setelah remaja, keduanya meninggalkan pertapaan pergi ke Mandukara untuk mencari ayahnya Arjuna.


Pergiwa memiliki sifat dan perwatakan setia, baik budi, sabar dan jatmika. Sementara Pergiwati memiliki sifat dan perwatakan setia, jujur, sabar dan jatmika, menarik hati tetapi mudah tesinggung.


Pergiwa kemudian menikah dengan Raden Gatotkaca, putera Raden Werkudara dengan Dewi Arimbi. Dari pernikahan itu, mereka dikarunia seorang putera yang kemudian diberinama Arya Sasikirana.


Sementara adiknya, Pergiwati menikah dengan raden Pancawala, putera Prabu Puntadewa, raja Negara Amarta dengan Dewi Drupadi.

Wayang PergiwaWayang Pergiwati

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply