Persiapan Biaya Pernikahan

0

Pernikahan adalah suatu momen yang paling dinanti oleh sepasang insan manusia yang sedang merajut kasih. Tidak jarang pasangan menghabiskan dana yang besar yang sudah mereka kumpulkan sekian lama, hanya untuk sebuah acara pernikahan saja.

Memang tidak bisa disalahkan, bila Anda menginginkan hari pernikahan Anda menjadi hari yang paling indah dan tak terlupakan sepanjang hidup Anda. Tetapi Anda juga harus memikirkan pengeluaran dan kebutuhan yang akan Anda dan pasangan hadapi  di kehidupan Anda. Misalnya saja, rumah, kendaraan, serta dana pendidikan untuk anak-anak Anda kelak. Bukankah, kehidupan setelah pernikahan nanti lebih penting, daripada pesta pernikahan Anda?

Untuk mendapatkan pernikahan yang indah dan berkesan tidak harus dilakukan dengan mewah dan menghabiskan semua dana yang telah Anda kumpulkan. Coba antisipasi beberapa factor  berikut ini yang sebenarnya mempengaruhi besar kecilnya biaya yang diperlukan.

 

  • Di Rumah atau Sewa Gedung

Bila budget Anda terbatas, akan lebih baik Anda mengadakan acara pernikahan di rumah. Memang membuat sebuah acara pesta pernikahan di rumah akan lebih repot bila dibanding mengadakan pernikahan di gedung. Setelah Anda lelah menjalani serangkaian acara pernikahan, Anda masih terpikir untuk membersihkan dan merapikan rumah kembali. Namun bagaimana jika Anda mengadakan acara pernikahan di gedung?

Mengadakan pesta pernikahan di gedung memang tidak merepotkan. Namun dari segi biaya, Anda harus menyediakan budget khusus untuk membayar sewa gedung. Janggan terkecoh dengan iklan biaya sewa gedung yang murah. Tanyakan terlebih dahulu, fasilitas apa saja yang sudah termasuk dalam harga tersebut.

Biaya yang akan Anda keluarkan tidak hanya untuk menyewa gedung saja, tetapi juga untuk catering, dekorasi, dokumentasi dan sebagainya. Dan bila tempat Anda menyewa gedung memiliki rekanan dengan vendor lainnya, mau tidak mau Anda harus menggunakan vendor rekanan gedung tersebut. Tentu saja biayanya akan lebih besar, dibanding Anda memilih sendiri vendor pernikahan (catering, dekor) yang bukan rekanan gedung tersebut. Karena bisa jadi pengelola gedung mematok harga yang relative murah untuk sewa gedungnya, tetapi mematok harga yang cukup mahal untuk sarana lainnya, seperti catering dan dekor. Oleh karena itu, untuk membandingkan manaya yang lebih murah, hitung biaya sewa, catering, dekorasi dan biaya- biaya tambahan lainnya.

Kapasitas gedung juga jangan luput dari perhatian Anda, pilihlah gedung yang sesuai dengan kapasitas. Jangan memilih yang terlalu sempit atau terlalu besar. Ruangan yang terlalu sempit akan membaut tamu undangan berdesak-desakan, dan bila terlalu besar, karena bila tamu undangan Anda tidak sebanyak kapasitas gedung, pesta Anda akan terlihat kosong. Kapasitas tempat parkir juga perlu diperhatikan.

 

  • Jumlah Undangan

Jumlah undangan adalah salah satu factor terpenting yang menentukan besar kecilnya biaya pernikahan yang dibutuhkan . Jumlah tamu undangan akan mempengaruhi perhitungan biaya yang lainnya, seperti biaya cetak undangan, kapasitas gedung yang harus disewa, katering dan sebagainya.

Ada baiknya anda sudah memiliki daftar tamu undangan baik dari pihak laki-laki maupun perempuan sebelum memesan gedung dan lainnya.

 

  • Wedding Organizer

Jika Anda adalah orang yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan sendiri teknis acara pernikahan karena disibukkan dengan urusan kantor, tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa Wedding Organizer. Dari segi biaya, memang Anda akan membutuhkan pengeluaran tambahan, tetapi jika pekerjaan mereka bisa banyak membantu Anda, sedikit menambah biaya rasanya tidak masalah untuk hari bahagia Anda.

 

  • Manfaatkan Sistem paket

Bila budget Anda terbatas dan Anda tidak mau terlalu pusing dipusingkan dengan urusan biaya pernikahan yang harus dikeluarkan per item, Anda bisa memilih sitem paket-paket penikahan yang biasanya sudah disediakan oleh Wedding Organizer, hotel maupun pengelola Gedung. Untuk paket Anda bisa memilih paket yang sudah tetap harganya atau paket yang dihitung per orang. Untuk paket yang sudah ditetapkan harganya, Anda harus rela untuk membatasi undangan sesuai dengan paketnya. Tetapi jika memilih paket per orang, Anda bisa fleksibel menentukan berapa jumlah tamu yang akan diundang.

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply