Pilih-Pilih Souvenir Pernikahan

0

Konsep  dan tema pernikahan sudah siap, dan ini lah yang menjadi kunci utama bagaimana kita menentukan dekorasi, gaun, undangan termasuk  souvenir pernikahan.

Memilih souvenir memang bisa dibilang tidak sulit, tetapi juga tidak boleh diremehkan. Jangan sampai souvenir  pernikahan Anda hanya akan menjadi sampah bagi penerimanya.  Souvenir yang unik, memiliki nilai guna akan lebih bermanfaat bagi penerimanya. Anda bisa memilih souvenir dengan mempertimbangkan dari bahan dan fungsinya .

Untuk souvenir dari bahan keramik biasanya akan lebih banyak modelnya dan juga fungsinya. Misalnya saja tempat kartu nama pengantin adat, atau tempat pensil, asbak atau tempat lilin pengantin adat. Model nya bervariasi dan tentu memiliki nilai guna/bermanfaat bagi penerimanya, tetapi  kelemahannya memang barangnya lebih berat dan resiko kerusakannya lebih besar dibanding souvenir dari bahan lainnya.

Souvenir dari bahan kayu juga cukup banyak modelnya, seperti tempelan kulkas, gantungan kunci, tempat kartu nama yang bisa dibuat dengan model custom dengan lukisan pengantin adat.  Kelebihan dari souvenir dari bahan kayu ini adalah beratnya cukup ringan dan resiko kerusakannya pun kecil.

Untuk souvenir dari  bahan kulit (kulit kambing, sapi dan kerbau), modelnya pun cukup beragam misalnya , pembatas buku, gantungan kunci dan kipas. Namun souvenir dari bahan kulit ini akan terlihat lebih menarik dan bernilai seni karena biasanya souvenir nya bermotif wayang. Jadi untuk souvenir pernikahan kita bisa memesan souvenir dengan motif karakter tokoh wayang Rama-Shinta atau Kamajaya-Kamaratih yang menjadi lambang cinta dan kesetiaan. Selain memiliki nilai guna, souvenir dari bahan kulit ini juga bisa sebagai media pengenalan dan pelestarian seni dan budaya Indonesia yaitu wayang. Kelemahan souvenir dari bahan ini yaitu pada tingkat ketebalan kulitnya. Karena kulit pada setiap bagian tubuh hewan berbeda-beda, maka ketebalannya pun tidak bisa sama.

Masih banyak souvenir dari bahan lainnya, misalnya saja kain atau serat, yang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih souvenir pernikahan adalah pilih souvenir yang bermanfaat dan kemas yang menarik  sesuai dengan tema pernikahan Anda. Semoga bermanfaat

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply