Tips Menentukan Katering Pernikahan

0

Menjamu tamu undangan dengan makanan yang nikmat dan sajian yang menarik perlu kita perhatikan dan persiapkan dengan baik selain mengurus tempat, dekorasi, undangan, gaun, souvenir dan lainnya. Menentukan katering pernikahan memang tidak mudah, banyak yang harus diperhitungkan, salah – salah nanti bisa membuat malu kedua mempelai dan keluarga.

Dalam merencanakan suatu pesta pernikahan, Anda memang harus benar-benar teliti terutama dalam membuat anggaran katering. Perhitungkan besarnya biaya katering biasanya tergantung dari beberapa paket yang dipesan, jenis makanan, dan juga banyaknya variasi menu katering pernikahan Anda.

Selain jumlah yang harus disesuaikan dengan tamu undangan, penampilan dan rasa dari menu-menu katering untuk pernikahan Anda juga harus diperhatikan. Jangan sampai rasanya biasa saja, penampilannya kurang menarik dan jumlahnya tidak mencukupi.  Nah, agar tidak terjadi hal-hal buruk seperti di atas, ada beberapa tips untuk menentukan katering pernikahan.

  • Hotel atau gedung pertemuan biasanya sudah memiliki rekanan perusahaan katering yang professional dan lebih berpengalaman. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan jasa katering yang disediakan hotel ataupun gedung, Anda harus melihat reputasi dan pengalaman perusahaan yang akan Anda pilih agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Sebagian besar, perusahaan jasa katering pernikahan selalu menyediakan paket makanan yang isinya beraneka ragam makanan dan minuman, temasuk makanan kecil, minuman ringan, desert, dan makanan gubuk (food stall). Paket semacam ini akan memudahkan Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk atau sibuk dengan pekerjaan kantor. Jika Anda kurang cocok dengan menu makanan yang ada di paket tersebut, Anda bisa mengurangi dan mengganti jenis makanan atau menambah menu makanan dan sampaikan dengan detail kepada jasa katering pernikahan Anda.
  • Pilih  perusahaan jasa katering yang bisa diajak berdiskusi tentang makanan apa saja yang Anda inginkan. Buat juga catatan secara detail dan serahkan kepada pemilik jasa katering. Jadi, jika di hari-H perusahaan katering ternyata tidak membuat menu makanan sesuai dengan yang Anda inginkan dan tidak memberitahu Anda terlebih dahulu, Anda bisa meminta pertanggungjawaban perusahaan katering tersebut.
  • Untuk menghindari masalah kehabisan makanan karena jumlah tamu ternyata tidak sesuai dengan jumlah undangan, pastikan Anda menghitung dengan benar. Misalnya, undangan yang Anda sebarkan adalah 400 undangan untuk acara pernikahan malam hari, berarti Anda harus menyediakan makanan untuk 800 porsi makanan untuk 800 orang tamu. Menu buffet sebaiknya 50% dari total porsi makanan yaitu 400 porsi, sedangkan untuk menu gubug, jumlah undangan kalikan 4 (bila acara pada siang hari), dan kalikan 3 (jika acara pada malam hari). Dari total menu gubug, Anda bisa membagi-baginya menjadi beberapa menu. Dan untuk menu dessert adalah total porsi makanan dikurangi porsi buffet yaitu 400 porsi.
  • Pilihlah system pesanan katering berdasarkan paket prasmanan, bukan berdasarkan jumlah piring dan gelas yang dipesan. Dengan system paket prasmanan, maka perusahaan katering akan terus mengeluarkan piring dan gelas selama makanan masih tersedia. Tetapi bila Anda menggelar pernikahan sitting dining table, system berdasarkan jumlah piring dan gelas bisa Anda pilih.
  • Hal yang tidak boleh Anda lupa adalah mencicipi menu makanan yang Anda pilih di beberapa perusahaan katering. Dengan begitu Anda bisa mengetahui perusahaan katering mana yang cocok dengan keinginan Anda. Perhatikan pula penampilan makanan, kesigapan pelayanan, kebersihan dan lainnya agar Anda tidak mengalami hal buruk karena masalah katering.
  • Lebih baik memilih 20 menu  untuk 50 porsi, daripada memilih 10 menu dalam jumlah 100 porsi untuk satu menu makanan. Variasi menu makanan yang cukup banyak akan membuat para tamu undangan lebih tertarik dan member kesan positif di hari bahagia Anda.

 

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply