Wayang Menak

0

Wayang Menak atau wayang golek menak, sebagian orang menyebutnya wayang thengul adalah wayang berbentuk boneka kayu yang diyakini muncul pertama kali di daerah Kudus pada masa pemerintahan Sunan Paku Buwana II. Wayang menak dibuat dari kayu yang ringan dan tidak mudah retak, biasanya dari kayu randu alas.

Sumber cerita wayang Menak tidak berasal dari Kitab Mahabharata maupun Ramayana melainkan berasal dari kitab Menak. Latar belakang cerita wayang Menak adalah negeri Arab, pada masa perjuangan Nabi Muhammad SAW menyebarkan agama Islam. Isi Pokok ceritanya adalah permusuhan dari Wong Agung Jaeng Rana yang beragama Islam dengan Prabu Nursewan yang beragama lain.

Peraga wayangmenak menggunakan pakaian mirip dengan wayang kulit Purwa, antara lain menggunakan kuluk, jamang,sumping, dan sebagainya. Namun, juga dikenakan jubah dan tutup kepala seperti orang Arab.

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply