Yuyutsu

0

Yuyutsu  atau Arya Yuyutsu adalah putera kedua Arya Widura/Yamawidura dengan Dewi Padmarini. Yuyutsu menjadi salah satu tokoh protagonist dalam wiracarita Mahabharata. Ia memiliki kakak kandung bernama Arya Sanjaya.

Arya Yuyutsu digambarkan memiliki wajah yang tampan  dan memiliki sifat dan perwatakan, pemberani, jujur, setia dan teguh dalam pendirian. Ia tinggal di ksatria panggombakan bersama kedua orangtuanya. Yuyutsu menikah dengan Dewa Aditi dan memiliki dua orang putera yang bernama Arya Sunjaya dan Arya Subrasta.

Yuyutsu awalnya bergabung dengan pasukan Korawa, namun dengan izin ayahnya, ia kemudian lebih memilih untuk keluar pasukan Korawa dan pindah bergabung dengan Pandawa bersama putranya Arya Sunjaya. Dalam perang besar di Kurukhsetra tersebut, Yuyutsu dan Arya Sunjaya tewas di tangan Adipati Karna, raja negara Awangga. Sedangkan Arya Subrasta yang memihak Korawa tewas di tangan Abimanyu, putera penengah pandawa dengan Dewi Sumbadra.

Namun dalam versi lain disebutkan bahwa ia adalah salah satu dari Korawa namun lain ibu. Dalam versi ini, ia pun tidak sama dengan para Korawa yang lain. Ia tidak berbuat jahat kepada Pandawa dan saat pecah perang Bharatayuda, ia memilih untuk keluar dari barisan Korawa dan berpihak kepada Pandawa.

Berbeda dengan versi sebelumnya, dalam versi ini, Yuyutsu menjadi satu-satunya Korawa yang selamat/masih hidup setelah perang usai. Ia kemudian diangkat menjadi raja Indraprastha, setelah Yudhistira mengundurkan diri dari kehidupan duniawi.

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply