Proses Pembuatan Wayang Kulit (Bag I)

0

Pertunjukkan wayang kulit merupakan warisan seni dan budaya Indonesia yang sangat indah dan harus dijaga kelestariannya. Dari suatu pertunjukkan wayang, kita bisa banyak belajar beragam pendidikan kesenian di dalamnya, mulai dari seni rupa,seni gerak, seni suara, seni musik dan juga seni sastra. Selain itu pendidikan moral pun bisa kita dapatkan di sana.

Salah satu yang bisa kita pelajari yaitu seni rupa dan seni ukir. Wayang kulit yang menjadi tokoh peraga dalam sebuah pertunjukkan wayang kulit ternyata melalui proses pembuatan yang cukup panjang. Mulai dari penyiapan bahan dasar pembuatanya, yaitu kulit yang biasanya dari kulit kerbau atau kulit sapi, sampai tahap pemasangan cempurit.

Proses Persiapan Bahan/pengolahan Kulit

Kulit yang bagus untuk membuat wayang kulit adalah biasanya adalah kulit kerbau atau sapi yang masih muda. Kulit yang masih muda memiliki serat-serat yang lebih halus sehingga akan lebih awet dan tidak mudah patah.


Proses pengolahan kulit adalah sebagai berikut:

 

  • Kulit direndam dalam air selama satu hari, agar kulit menjadi lunak sehingga akan mempermudah proses selanjutnya.
  • Setelah itu kulit dipentang kembali dan dijemur hingga kering.
  • Kulit yang telah kering kemudian ditipiskan yaitu dengan cara dikerok. Bagian yang dikerok adalah sisa-sisa daging yang masih melekat pada kulit (bagian dalam) dan bagian yang masih ada rambutnya. 
  • Kulit yang sudah dikerok, kemudian dibersihkan dengan kain halus yang telah dibasahi air, dan untuk menghaluskannya, kulit diamplas (bisa menggunakan daun jati kering sebagai amplas).
  • Kulit yang telah dikerok dan dihaluskan, lalu dijemur kembali hingga kering secara merata.


Proses Tatah Wayang

Diperlukan konsentrasi dan keterampilan serta rasa seni yang tinggi dalam tahap ini.  Namun sebelum proses tatah, lembaran kulit yang telah disiapkan dibuat sketsa wayang yang akan dibuat. Proses ini disebut Nyorek (corek).

Peralatan Yang Digunakan

 

  • Pandukan, yaitu landasan tatah yang terbuat dari kayu samba, kayu trenggulun atau kayu sawo.
  • Tindih yaitu logam seberat sekitar 2,5 Kg, biasanya terbuat dari kuningan, namun terkadang juga ada yang terbuat dari besi. Tindih berfungsi untuk menekan atau memberati wayang kulit yang sedang ditatah. Sehingga kulit tidak bergeser kesana kemari sehingga hasilnya pun bagus.
  • Tatah merupakan alat yang paling penting dalam proses tatah wayang kulit. Setidaknya harus tersedia 10 macam tatah dalam pembuatan wayang kulit ini. Namun pada dasarnya tatah bisa dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu tatah lantas atau tatah lugas, yakni tatah yang mata tatahnya berupa garis lurus, dan tatah kuku yang mata tatahnya berupa lengkungan.
  • Ganden yaitu semacam palu besar yang terbuat dari kayu (biasanya dari kayu asem atau sawo).

Selain peralatan utama di atas, ada beberapa peralatan tambahan yang digunakan diantaranya adalah jangka, paku corekan, pensil, mistar atau penggaris, penghapus dan batu asahan.

Jenis Tatahan

Setidaknya ada 16 macam jenis tatahan dalam seni kriya wayang kulit. Berikut ini adalah jenis-jenis tatahan pada Wayang Kulit gagrak Surakarta dan Yogyakarta.

1. Tatahan Tratasan

Tatahan ini digunakan untuk membuat pola semacam garis, baik garis lurus maupun yang melengkung lebar dan menyudut. Tatahan tratasan hampir selalu diselang-seling dengan tatahan bubukan, dengan maksud agar kulit di bagian yang ditatah itu tidak mudah patah atau robek.

2. Tatahan Bubukan

Berupa lubang-lubang kecil berderet, yang digunakan untuk membuat kesan gambaran garis. Biasanya tatahan bubukan diseling dengan tatahan tratasan. Tatahan berseling antara tratasan dengan bubukan ini juga disebut tatahan lajuran atau tatahan lajur saja.

3. Tatahan Untu Walang

Berupa garis-garis terputus. Alat yang digunakan untuk membuat tatahan untu walang adalah tatah trentenan. Tatahan untu walang disebut juga tatahan semut ulur.

4. Tatahan Bubuk Iring, atau Buk Iring

Berupa lubang-lubang yang membentuk deretan seperti huruf U. Biasanya tatahan ini digunakan untuk mengerjakan bagian wayang yang disebut ulur-ulur dan uncal kencana. Tatahan ini juga sering disebut bubuk ring atau bubukan iring.

5. Tatahan Kawatan

Disebut juga tatahan gubahan biasanya digunakan untuk `mengisi’ sumping, bagian praba, dan garuda mungkur.

6. Tatahan Mas-Masan

Berupa deretan selang- seling antara titik dan koma, yang biasanya digunakan untuk mengerjakan bagian uncal kencana, sumping, gruda mungkur, kalung dan jamang.

7. Tatahan Sumbulan

Biasanya dikombinasikan dengan tatahan mas-masan, digunakan untuk mengerjakan bagian kalung, jamang, dan sebagainya.

8. Tatahan Intan-intan

Digunakan untuk mengisi bagian sumping, berselang-seling dengan tatahan kawatan. Bentuk tatahan ini, yang juga disebut tatahan intan-intanan, seperti bunga mekar, tetapi hanya separuh.

Share.

About Author

Hadisukirno adalah produsen Kerajinan Kulit yang berdiri sejak tahun 1972. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan 45 sub pengrajin yang melibatkan 650 karyawan. Gallery kami beralamat di Jl S Parman 35 Yogyakarta. Produk utama kami adalah wayang kulit dan souvenir. Kami menyediakan wayang kulit baik untuk kebutuhan pentas dalang, koleksi maupun souvenir. Kami selalu berusaha melakukan pengembangan dan inovasi untuk produk kami sesuai dengan selera konsumen namun tetap menjaga kelestarian budaya dan karya bangsa Indonesia. Dan atas anugerah Yang Maha Kuasa, pada tahun 1987 Hadisukirno mendapat penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Bapak Sudomo untuk Produktivitas Dalam Bidang Eksport Industri Kerajinan Kulit, dengan surat tertanggal 29 Agustus 1987 dengan NOMOR KEP - 1286/MEN/1987.

Leave A Reply